13 Tips Ampuh Bantu Anda Berhenti Merokok

cara berhenti merokok yang ampuh,cara ampuh berhenti merokok meski sudah kecanduan,cara efektif berhenti merokok,makanan minuman pengganti rokok,cara berhenti merokok ampuh dan permanen
Word Health Organization (WHO) telah menetapkan tanggal 31 Mei sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Semua orang yang pernah mencoba untuk berhenti merokok sangat tahu bahwa itu adalah hal sangat sulit untuk dilakukan. Itu karena rokok mengandung zat adiktif tinggi dan dapat menyebabkan kecanduan. Penyebabnya tentu adalah nikotin yang terkandung dalam tembakau rokok. Tak hanya itu, pola pikir salah yang menganggap rokok sebagai hal yang jantan, gaul dan keren membuat semakin banyak jumlah perokok di Indonesia. Hhmmm...

Bagi seorang perokok, mungkin mereka selalu berusaha untuk berhenti merokok demi kesehatan dan keluarga. Namun sebagian dari mereka merasa kesulitan hingga akhirnya menyerah dan kembali menjadi perokok. Memang tidak dipungkiri, untuk berhenti dari merokok bukanlah perkara yang mudah, rokok menyebabkan kecanduan yang memerlukan usaha keras untuk terlepas darinya. Meskipun demikian, bukan berarti mustahil untuk bisa berhenti merokok, asalkan ada niat yang kuat dan serius, pasti hal itu bisa terwujudkan.

Baca juga: Gejala atau Efek saat Berhenti Merokok

Dibawah ini ada beberapa tips berhenti merokok.

1. Niat Kuat, Motivasi dan Berpikir Positif

Bagian tersulit dari usaha berhenti merokok adalah komitmen untuk benar-benar berhenti. Akan tetapi, jika Anda bersunggh-sungguh, maka bulatkanlah tekad. Berjanjilah pada diri Anda untuk tidak merokok lagi.

2. Berhenti Bertahap

Rasanya mustahil bisa berhenti merokok secara total jika Anda seorang perokok berat. Akan tetapi jangan risau, Anda tetap bisa menjalankan tekad tersebut. Caranya, kurangi konsumsi rokok secara bertahap.

Jika biasanya Anda menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari, maka cobalah untuk mengurangi setengahnya. Lakukan usaha tersebut secara bertahap sampai Anda merasa yakin tidak membutuhkan rokok lagi.

Walau dalam beberapa kasus, ada juga perokok berat yang bisa dan mampu berhenti merokok sekaligus dengan cepat tanpa bertahap. Ini mungkin kembali ke dalam kesadaran dan niat yg kuat dari dalam diri sendiri.


3. Pikirkan Manfaat Berhenti Merokok, seperti:
  • Tubuh yang lebih kuat dan sehat.
  • Adanya dana lebih yang tadinya digunakan untuk membeli rokok, bisa digunakan untuk hal lain yg menyehatkan.
  • Uang jatah rokok bisa ditabung atau digunakan untuk kebutuhan keluarga yang lebih baik, seperti digunakan untuk membeli makanan yang sehat dan bergizi, atau digunakan juga untuk biaya kesehatan dan perawatan diri dan/atau istri agar suami betah di rumah tidak pindah ke lain hati hehe.. ada kan suami yg pindah ke lain hati dengan alasan istri tidak suka merawat diri, makanya para suami kasih donk istrinya duit biar bisa menjaga dan merawat diri untuk suami, jangan merokok melulu hehe..
  • Hilangnya bau mulut, bau badan dan pakaian tidak sedap akibat rokok.
  • Kulit yang lebih cerah dan bersih.
  • Keluarga termasuk anak-anak di sekitar Anda terhindar dari bahaya merokok secara pasif.
  • Orang tidak merokok yg dekat dengan Anda akan merasa dihargai dan nyaman karena tidak merasa terganggu oleh Anda.
Semangati diri sendiri dengan mengingat manfaat-manfaat di atas.

4. Bersiaplah Menghadapi Tantangan dan Gejala-Gejala


Berhenti merokok adalah tantangan yang sangat berat bagi perokok, jadi bersiaplah untuk tantangan tersebut. Biasanya, Anda akan menghadapi tantangan berat pada minggu pertama hingga minggu kedua. Jadi bulatkan tekad Anda untuk berhenti merokok dan bersiaplah dengan gejala-gejalanya.

Bagi yang sudah terbiasa merokok biasanya akan mengalami gejala-gejala kecanduan saat rokok dihilangkan dari hidup Anda, seperti: depresi, insomnia, tidak fokus dan stres. Karena nikotin dan zat berbahaya/racun rokok yg Anda masukan dalam tubuh Anda telah menyatu dengan darah Anda. Tapi tidak perlu khawatir, gejala-gejala itu hanya sementara sebagai bagian dari Detoksifikasi (Proses Pengeluaran Racun Dalam Tubuh).

5. Olahraga dan Pola Makan Sehat

Olahraga dapat membantu mengurangi dan mengalihkan hasrat merokok. Begitu ingin merokok, mulailah lakukan aktivitas olahraga. Olahraga akan meningkatkan mood dan kesadaran serta meningkatkan energi dan menghilangkan stress akibat kecanduan rokok.

Selain olah raga, pola makan sehat seperti mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, akan membuat rokok menjadi terasa tidak lagi memuaskan. Selain itu, sayur dan buah juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

6. Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih 8 gelas (2 liter) per hari bukan hanya baik untuk tubuh tapi juga banyak membantu Anda untuk berhenti merokok. Pasalnya, air putih dipercaya mampu menyegarkan mulut yang mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Selain itu, air putih juga mampu membuang racun yang dibawa si rokok dalam tubuh. 

Atau, bisa juga setiap kali keinginan untuk merokok itu datang, cobalah untuk minum air putih hangat. Jangan minum kopi hangat, sebab minuman tersebut justru akan meningkatkan keinginanmu untuk merokok.

7. Bawang Putih

Bawang putih mentah selain berkhasiat menyembuhkan penyakit ringan, seperti: flu, pilek, batuk dan masuk angin, bisa juga untuk penyakit berat, seperti untuk menurunkan resiko atau mencegah penyakit akibat rokok.

8. Jus Wortel / Mentimun

Rajin minum jus wortel ternyata bermanfaat untuk menahan keinginan untuk merokok. Selain itu, wortel kaya akan kandungan zat antioksidan yang bisa menyehatkan tubuh akibat paparan racun karena rokok. Selain jus wortel, jus mentimun juga memiliki efek yang sama.

9. Air Garam

Berkumur air garam selain baik untuk kesehatan mulut/gusi/gigi, ternyata juga mampu mengekang keinginan untuk merokok. Para peneliti menemukan bahwa saat Anda menjilat garam yang asin, maka keinginanmu untuk merokok akan langsung hilang.

10. Susu

Minum secangkir susu sangat bermanfaat untuk mencegah mengambil sebatang rokok dan menyulutnya. Sebab setelah Anda minum susu dan merokok, maka akan timbul rasa yang tidak enak di mulut.

11. Bekam/Hijamah

Bekam dilakukan untuk mengeluarkan toxin atau racun yang menumpuk dalam tubuh melalui darah yang dikeluarkan (baca: Manfaat dan Khasiat Bekam/Hijamah).

12. Air Jeruk Nipis

Saat Anda bertekad untuk berhenti merokok, konsumsi air jeruk selama beberapa kali sehari. Terutama air jeruk nipis, karena jeruk nipis diketahui memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibanding jenis jeruk lainya yang berkhasiat mengurangi zat kimia seperti nikotin, bahkan disinyalir mampu mengurangi rasa kecanduan pada rokok.


Merokok dapat menganggu penyerapan vitamin dalam tubuh terutama vitamin C yg bertindak sebagai antioksidan yang penting untuk pencegahan penyakit. Semakin banyak rokok yang dihisap maka semakin banyak pula vitamin C yang hilang dari dalam jaringan dan darah.


13. Permen

Selain minuman di atas, ada cara klasik yang bisa Anda coba untuk menghentikan kebiasaan merokok. Cara tersebut adalah dengan mengunyah permen karet setiap kali keinginan untuk merokok itu datang.

Selamat mencoba!!!..

--------------------------------------------------------------

Beralih ke Rokok Herbal..

Bagi Anda yang tetap sulit untuk berhenti merokok, bisa menempuh alternatif lain, yakni beralih ke rokok herbal. Sekarang ini telah ada Rokok Herbal yang (katanya) bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit (walau hal ini masih diperdebatkan). Mohon maaf, disini tidak akan saya sebutkan nama atau merek rokok herbal tersebut, karena saya bukan penjual rokok hehe.. silahkan Anda bertanya ke siapa saja yang pernah mencoba rokok herbal ini atau bisa juga bertanya ke m'Bah Google tentang Rokok Herbal ini hehe..

----------------------------------------

Tulisan ini dirangkum dari berbagai sumber dan beberapa pengalaman para perokok yang telah berhasil berhenti merokok.

Tulisan ini hanya sekedar informasi dan berbagi saja, tidak bermaksud menggurui. Karena bagaimanapun juga (sepertinya) pembahasan tentang rokok tidak akan pernah ada ujungnya, tidak akan pernah ada akhirnya, karena masing-masing pihak memiliki alasannya masing-masing dengan berbagai sudut pandang yang berbeda pula.

Intinya.. berhasil tidaknya berhenti merokok tergantung niat dan kesadaran diri sendiri. Atau.. mau berhenti merokok ataupun tidak, tergantung individu masing-masing dengan segala konsekuensinya tentunya. 

Yang penting tau etika, bisa menempatkan dan menyesuaikan diri. Karena banyak kasus, merokok sembarangan seenaknya dimana saja dengan tidak melihat situasi dan kondisi, atau merokok di tempat atau lingkungan yang tidak merokok sehingga sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan orang lain yang tidak merokok (perokok pasif).

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "13 Tips Ampuh Bantu Anda Berhenti Merokok"

  1. I jᥙst like the helpful info you supply for your articles.
    I will Ƅookmarк ʏour blog and check again гight here regularly.
    I'm fairly sure I will learn plenty of new stuff right here!
    Goߋd luck for the following!
    my website : How To Learn To Lock Files In 1 Hour

    BalasHapus